Blogroll

Tuesday, January 26, 2016

Alamat Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Balai dan Kantor Bahasa se-Indonesia

Selain media massa cetak seperti koran, majalah, atau buletin/jurnal komunitas sastra, celah lain yang dapat dimanfaatkan adalah pemuatan di jurnal-jurnal ilmiah. Salah satu jurnal yang bisa dicoba adalah jurnal bahasa dan sastra yang biasa diterbitkan oleh balai dan kantor bahasa se-Indonesia. Namun, yang harus diketahui adalah masing-masing jurnal di balai dan kantor bahasa memiliki aturan penulisan masing-masing. Misalnya mengenai jumlah minimal halaman agar tulisan diterima. Di Jurnal Atavisme terbitan Balai Bahasa Jawa Timur misalnya, jumlah halaman yang diminta adalah 12-20 halaman. Berbeda dengan Jurnal Bebasan Kantor Bahasa Provinsi Banten yang mensyaratkan 10-15 halaman. Tulisan yang dikehendaki jelas berformat ilmiah. Selain itu, tema penulisan yang diminta umumnya tulisan tentang bahasa, sastra, atau pengajaran bahasa dan sastra di sekolah. 

Sebagai alternatif, mencoba mengirim ke jurnal-jurnal ini cukup menarik. Selain honor yang menjanjikan (di beberapa jurnal bahkan honor dihitung per halaman) pemuatan tulisan ilmiah di jurnal juga berpengaruh terhadap kenaikan pangkat atau golongan. Berikut tim redaksi SARBI memberikan alamat-alamat jurnal dalam format foto. 



  

0 comments:

Post a Comment

Anda Pengunjung ke

SARBI

Tentang Kami

Sastra Alienasi Rumput Berbasis Independen (SARBI) adalah kelompok diskusi yang bergiat mendiskusikan perihal isu sastra, seni, dan kebudayaan terkini dengan mengambil sudut pandang alternatif. Selain itu, SARBI juga banyak menggali pemikiran tradisi negeri sendiri dan konsepsi mancanegara yang diharapkan dapat bersinergi sehingga menghasilkan pandangan kontemporer yang segar. Untuk membuktikan perihal tersebut, kami melahirkan lembar SARBI untuk ikut menghiasi keriuhan dunia sastra, seni, dan budaya serta berharap dapat menjadi oase untuk memenuhi dahaga kita •

Redaksi

Pemimpin Redaksi Sidang Redaksi Sidang Redaksi Sidang Redaksi Sidang Redaksi Sidang Redaksi Penata Artistik

Tinggalkan Pesan

Dokumen Post